Kamis, 04 Maret 2010

Opini Saya

posted by:Sigit

Menurut saya semangat patriotisme masih diperlukan sampai saat ini. Jika dahulu para pejuang memiliki semangat patriotisme yang diwujudkan dengan perjuangan mereka untuk mendapatkan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia, maka saat ini kita tidak mungkin memiliki wujud patriotisme yang sama dengan mereka. Negara kita sudah merdeka, maka yang bisa kita lakukan adalah mengisi kemerdekaan ini dengan membangun bangsa. Lalu bagaimanakah wujud patriotisme yang sesuai bagi bangsa kita sekarang ini?

Patriotisme bisa mendasari berbagai aspek kehidupan bangsa ini. Saya ambil saja contohnya dalam Pendidikan. Dalam belajar, setiap pelajar akan lebih baik jika didasari rasa patriotisme karena dengan patriotisme kita belajar dengan salah satu tujuannya adalah membangun bangsa. Bukan hanya dalam pendidikan, dalam aspek kehidupan yang lain pun kita bisa memiliki rasa patriotisme untuk membangun bangsa kita.

Jadi saya menyimpulkan bahwa rasa patriotisme masih diperlukan bangsa Indonesia bahkan sampai sekarang ini untuk membangun bangsa kita walaupun wujudnya bukanlah bambu runcing dan darah, melainkan dengan kecerdasan dan keuletan para profesional, dengan kearifan para pemimpin kota dan bangsa, dengan ketekunan dan keterampilan para pekerja, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar